Ground Zero

Bali 12 Oktober 2008.

6 tahun ditanggal yang sama, terjadi peristiwa pemboman oleh teroris di wilayah ini. Pemboman yang tidak hanya menggoyahkan pula Bali saja, tapi juga secara nasional dan internasional mengingat banyak korban tewas dari negeri luar. Sebenernya, saya ke Bali tidak dikhususkan untuk mengikuti acara malam peringatan ini. Baru “ngeh” tentang acara ini juga sehari sebelumnya.

Siang harinya, saya sempatkan untuk melihat lokasi Ground Zero ini. Masih sepi. Hanya ada beberapa orang saja yang dating untuk sekedar melihat, berfoto, atau meletakakan karangan bunga tanda berbelasungkawa. Saya bertanya dengan salah satu orang disana yang saya simpulkan sendiri bahwa beliau adalah salah satu petugas panitia acara malam nanti. “jam berapa nanti Bli acaranya dimulai?” Saya dapatkan jawaban jam 8 malam nanti. Oke, kalo begitu, nanti malam saya kesini lagi.

3 hari menuju bulan purnama. Cerah cuaca malam itu. Saya berjalan dari Poppies 1menuju Ground Zero. Toko2 di daerah Legian mulai tutup satu persatu. Jalan juga diblokir Polisi. Semua orang berjalan kaki,menuju satu tempat yang sama.

Berbeda suasana dengan siang hari tadi. Sekarang ramai sekali. Penduduk local dan para turis asing berbaur, duduk bersila di depan Tugu Peringatan. Para keluarga korban berdatangan, “menjenguk” keluarga mereka.. Ada yang dari Bali, dari Australia, dan jauh jauh pula dari Swedia. Haru juga rasanya melihat salah satu anggota keluarga dari Swedia ini yang datang untuk Ulrika.

Satu yang saya tidak suka dari acara ini (saya yakin para bule bule juga tidak suka), adalah sangat sangat terlambatnya acara dimulai. Dari jadwal acara jam 8 malam, eh baru mulai jam 10 malam. Bayangkan 2 jam kami harus menunggu. Dari yang tadinya kerumunan massa begitu ramai, satu persatu, pasangan per pasangan, keluarga per keluarga, beranjak dari tempatnya meninggalkan Tugu. Arrrggghhh…. Tidak menghargai waktu sama sekali. Ternyata waktu yang terbuang itu, untuk menunggu bupati dan gubernur Bali datang. Tolong Bapak bapak yang dipilih rakyat, hargai waktu. Saya tidak tahu alasan internalnya, tapi yang saya tahu, raut kekecewaan orang orang yang sudah menunggu dan keluarga korban yang sudah jauh jauh datang dari negaranya yang berbeda benua dengan kita. Apakah Indonesia mau dikenal sebagai bangsa yang tidak menghargai waktu????

Fuhhh.. kita kembali lagi ke acara. Lilin2 ini dibagikan kepada tiap orang disana. Tidak hanya lilin, ada juga setangkai mawar, tapi tidak sebanyak jumlah lilin yangg dibagikan. Ada yang lucu tentang lilin2 ini. Lilin kecil itu diwadahi dengan gelas plastic bekas air mineral. Ada beberapa orang yang sudah menyalakan lilin jauh sebelum acara dimulai. Yah, tinggal tunggu waktu saja, gelas plastic itu akan ikut meleleh bersama lilinnya…

Acara malam itu sendiri bisa dibilang sederhana. Sambutan dari ketua panitia, Gubernur Bali,dan tokoh lintas agama Anand Khrisna. Dalam pidatonya, Khrisna, mengusulkan perubahan nama Ground Zero menjadi Ground for Peace. Kalo saya pribadi sih, lebih suka nama tempat ini tetap Ground Zero. Lebih keren aja kedengarannya. Waksss…!!!

Dilanjut dengan pembacaan puisi dan lagu dari peserta acara, penyalaan lilin, pelepasan buurng merpati, dan ditutup doa bersama dari tokoh2 agama yang ada di Indonesia.

Doa dan permohonan semua orang disana pada malam itu sama. Jangan ada lagi peristiwa pemboman seperti ini. Dan semoga arwah para korban tenang di alam baka sana.

Damai dihati, damai di Bumi . . .

2 Responses to Ground Zero

  1. fanny says:

    Cakep fotonya ada satu yang paling aku suka adalah lilin2 kecil yg menyala dengan foto seorang gadis bule.nyala lilin itu indah banget dan ada satu yang kurang aku suka foto kedua yg ada bulannya sayang sekali ambilnya miring jadi sdkt terpotong shg krng seru……..

  2. ryan says:

    uih… ada yang ke Bali ga bilang2 ya…. mana oleh2nya???? ayo bagi2 sekarang….

Leave a Reply

