TK Bina Kesejahteraan Masyarakat

TK BKM (Bina Kesejahteraan Masyarakat) adalah sebuah sekolah yang didirikan oleh yayasan BKM yang bertujuan memberikan pendidikan gratis kepada anak-anak usia TK yang berasal dari keluarga kurang mampu.
Lokasi Tanah Merah dimana TK BKM ini berada merupakan lokasi ke 3 dimana 2 lokasi sebelumnya telah digusur. Setelah hampir 9 tahun lamanya TK BKM melayani masyarakat kurang mampu di area pedongkelan dan pura bali, penggusuran akhirnya memaksa TK BKM untuk memindahkan lokasi sekolah mereka.
Dipilihnya Tanah Merah sebagai lokasi sekolah yang baru karena perkampungan yang terdapat di Tanah Merah memiliki karakter yang sama dengan lokasi sebelumnya, yaitu terdiri dari keluarga kurang mampu.
Sehingga akhirnya setahun yang lalu Yayasan BKM memutuskan untuk mendirikan sekolah yang baru di area ini. Pendidikan yang diberikan kepada anak-anak di TK ini sama dengan pendidikan yang diberikan oleh TK lain dan keberadaan TK ini diakui oleh Sekolah Dasar (SD) yang ada di Jakarta dan sekitarnya.
Hal ini dibuktikan dengan diterimanya anak TK BKM di sekolah-sekolah dasar negeri maupun sekolahsekolah percontohan lainnya.

Tenaga Pengajar
Saat ini TK BKM memiliki 60 siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu (profesi orang tua antara lain : Tukang cuci, pemulung, supir bis, dll). Tenaga pengajar yang dimiliki TK BKM saat ini adalah sejumlah 3 orang, setiap bulan masing – masing tenaga pengajar hanya mendapatkan bantuan operasional sebesar Rp. 150.000,-. Ketiga tenaga pengajar ini melayani tidak dari kelebihan mereka, melainkan dengan kondisi yang serba terbatas juga.

Bangunan
Bangunan yang digunakan untuk kegiatan belajar mengajar setiap harinya memiliki kondisi sebagai berikut :
a. Ukuran bangunan kurang lebih 2,5 x 3 m (untuk kegiatan belajar mengajar kurang lebih 30 siswa, dalam 1 hari ada 2 kali kegiatan belajar mengajar)
b. Sirkulasi udara sangat kurang dan lembab
c. Bangunan berdekatan dengan tempat sampah dan rumah penduduk sehingga tidak ada area bermain bagi siswa saat istirahat
d. Biaya sewa untuk ruang kelas ini adalah sebesar Rp.200.000,-/ bulan yang dibayarkan setiap 2 bulan.

Pendidikan Pada akhir Mei 2010, TK BKM yang berlokasi di tanah merah telah meluluskan 18 orang siswa untuk masuk ke jenjang pendidikan sekolah dasar. Siswa yang diluluskan ini memiliki kemampuan yang sama dengan siswa TK yang lain.

Hari sabtu, 17 Juli yang lalu saya berkesempatan untuk berpartisipasi dalam proses belajar mengajar. Pengalaman pertama dan menyenangkan bisa bersama dengan mereka, tidak hanya mengajar, tetapi juga boleh mengabadikan mereka..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: